VISIT LAMARU BERSERI 2020

Aji Raden Terus Berbenah dalam Rangka Mewujudkan Kampung Wisata dengan Kerjasama LSM KPHER

Friday - 07 Februari 2020 - Dibaca: 90 kali

Lamaru, Balikpapan Timur - Setelah dicanangkan menjadi Kampung Wisata Nelayan Warna-warni Aji Raden oleh Walikota Balikpapan HM. Rizal Effendi, SE., kembali Lurah Lamaru Surata bersama RT.06 Heriansyah yang sapaannya dipanggil Anca dan Tokoh Masyarakat dan Nelayan mengambil langkah maju yaitu bekerja sama dengan LSM Komite Penyelamat Hak Ekonomi Rakyat (KPHER) sosialisasi penggunaan Incenerator (Alat pembakar sampah ramah lingkungan). Hal ini semata-mata  dalam rangka mewujudkan Aji raden sebagai salah satu Destinasi Wisata baru yang diminati wisatawan. Karena selain kampungnya yang unik juga memiliki kawasan Wisata Hutan Mangrove yang sangat indah dan beraneka flora dan fauna yang menghuninya.

Penggunaan Incenerator tersebut dianggap bisa mengurangi atau meminimalisir pembuangan sampah ke TPS/TPA khususnya sampah organik. “Pengolahan sampah dengan menggunakan Incenerator itu bisa meningkatkan ekonomi rakyat, karena sampah organik tersebut setelah dibakar dalm inceneraor maka sisa pembakaran tersebut akan bisa dijadikan carbon aktif yang ramah lingkungan dan carbon aktif tersebut bisa menjadi uang tambahan bagi masyarakat” ungkap Heri KPHER.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh warga masyarakat RT. 06, KKN UNIBA Tahun 2020. Lurah Surata sangat berharap setelah pencanangan kampung Nelayan ini oleh Walikota Balikpapan, maka masyarakat tidak boleh berhenti untuk berinovasi dan membangun secara partisipatif, karena ini juga ujung-ujungnya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Pemerintah tidak akan tinggal diam dalam membantu dan menfasilitasi masyarakat RT. 06 Aji Raden untuk mewujudkan RT. 06 menjadi Destinasi Wisata melalui dana Kelurahan dan keterlibatan CSR” ungkap Lurah Surata disela-sela ngopi bareng dengan tokoh LSM dan Masyarakat.