VISIT LAMARU BERSERI 2020

Walikota Balikpapan Mencanangkan Aji Raden RT. 06 sebagai salah satu Destinasi Wisata Kampung Nelayan Warna-warni Aji Raden

Friday - 07 Februari 2020 - Dibaca: 97 kali

Lamaru, Balikpapan Timur - Kampung nelayan di sekitar Sungai Aji Raden, RT 6, Kelurahan Lamaru, Kecamatan Balikpapan Timur merupakan pemukiman yang sedikit bermasalah dengan sanitasi. Dimana masyarakat hidup di atas sungai dengan sanitasi yang kurang diperhatikan. Oleh karena itu Sejak pertama menjabat sebagai Lurah Lamaru pada November 2019 lalu, Surata kemudian melakukan kunjungan langsung ke RT-RT dalam rangka merangkul dan mengajak warga untuk mengubah kampung nelayan ini agar menjadi kawasan wisata baru yang bersih, sehat, dan  indah sebagaimana slogan yang selalu disebut pak lurah yaitu BERSERI.

Lurah Surata menginginkan partisipasi masyarakat dalam membangun setiap RT itu tinggi, sehingga pembangunan tidak terlalu dipengaruhi oleh minset masyarakat bahwa pembangunan itu hanya bisa terjadi kalau pemerintah yang memberikan bantuan. Lurah Surata sangat berharap pembangunan diawali oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah.

“Alhamdulillah hari ini Minggu (26/1/2020) menjadi momentum bagi warga di sini untuk menumbuhkan kecintaannya pada lingkungan. Dan kami dibantu oleh Pemerintah kota, Wali Kota dan dinas-dinas terkait untuk mengembangkan kawasan ini menjadi kampung warna warni”, ungkap Surata di sela kegiatan.  Pencanangan “Kampung Nelayan Warna Warni Aji Raden” yang berlangsung Minggu (26/1/2020) dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi bersama sejumlah kepala perangkat daerah mulai dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pekerjaan Umum (DPU), serta Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar).

Lurah Lamaru, Surata bersama warga mencanangkan “Kampung Nelayan Warna Warni Aji Raden” di RT 6, Lamaru, Balikpapan Timur yang turut dihadiri Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi dan sejumlah pejabat pemerintahan.

Dalam rangkaian kegiatan, Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi bersama pejabat perangkat daerah dan pihak terkait lainnya menyusuri Sungai Aji Raden untuk melihat langsung kondisi  sungai Aji Raden yang mengalami pendangkalan sehingga aktifitas ekonomi masyarakat sedikit terganggu, dan alhamdulillah tahun 2020 ini Sungai Aji raden akan dinormalisasi melalui proyek PU. “Tadi saya menyusuri sungainya, tinggal dibenahi lagi dan harapannya warga tidak membuang sampah sembarangan, biar ke depan lebih bagus lagi”, pesan Rizal.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi turut mengapresiasi ide Kampung Nelayan Warna Warni Aji Raden. Dari upaya aparatur setempat bersama warganya, dia berharap kampung wisata nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Kita apresiasi semangat warga disini, untuk mengembangkan dalam orientasi pariwisata, karena bisa juga meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga bisa jadi sejahtera”, tambahnya.